7 Tips Memotret dalam kondisi kurang pencahayaan

1. Memotret Sewaktu Senja

Highway at Night

Beberapa foto malam terbaik diambil selama senja, ketika langit tidak sepenuhnya hitam. Pengambilan gambar selama senja akan menunjukkan warna yang lebih dan rincian di kejauhan dan akan membiarkan anda menggunakanSpeed Shutter yang lebih cepat.

2. Menggunakan ISO tinggi

Blur vs Noise

Gunakan ISO tinggi jika diperlukan. Lebih baik mendapatkan foto yang kasar dari pada foto blur. Dan Anda dapat mengurangi keburukan itu dengan perangkat lunak editing gambar. tetapi kalau blur, anda tidak akan bisa berbuat apa-apa dengan gambar itu.

3. Tetap Tenang.

Female Photographer

Memotret di malam hari membutuhkan Shutter Speed yang lambat. Untuk mengambil gambar terang tanpa blur di malam hari, gunakan tripod atau monopod untuk menjaga kamera tidak bergerak.

Selain menggunakan tripod atau monopod, anda memungkinkan menggunakan pengaturan Mirror Lockup dan menekan dengan lebut  tombol Shutter. Jika kamera Anda tidak memiliki Mirror Lockup, Anda dapat menggunakan mode self timer sebagai gantinya.

Jika Anda tidak memiliki tripod atau monopod, anda diharuskan menemukan beberapa objek penyangga untuk menjaga tubuh dan lengan tetap stabil. Misalnya, Anda bisa bersandar di dinding atau menempatkan siku Anda pada meja untuk menjaga tangan Anda tetap stabil. Jika tidak ada yang membantu Anda tetap stabil, berdiri dengan kaki berjauhan satu sama lain dan menahan nafas saat mengambil gambar.

4. Motion Blur

Abstract Motion Blur

Tidak semua gambar blur itu buruk. Beberapa mengaburkan foto seperti motion blur dapat menambahkan bunga. Coba gambar foto dari objek bergerak, atau bergerak deliberatly kamera Anda untuk membuat gambar blur. Zooming sementara shutter masih berjalan juga akan menambahkan efek gerakan menarik.

5. Freeze teman-mu

Flash Night Portrait

Saat mengambil foto teman di malam hari, menggabungkan flash dengan long exposure. Lampu flash akan membeku-kan latar depan dan long exposure akan meluaskan zona latar belakang. Karena orang biasanya akan bergerak tepat setelah mereka melihat lampu kilat, mengatur curtain sync shoot untuk curtain kedua (Biasanya dalam pengaturan fungsi custom). Perintah ini akan menjalankan flash sebelum Shooter tertutup, bukan dari awal. Menggunakan sinkronisasi curtain kedua juga akan menempatkan teman Anda di depan setiap blur sehingga ada sesuatupun yang menutupi wajah mereka. Curtain Sync Kedua tersedia pada kebanyakan kamera SLR digital, namun jarang terlihat di titik danShutter kamera.

6. Shoot High Dynamic Range (HDR)

Single Exposure vs Tone Map

Tempatkan kamera pada tripod dan Shoot sebanyak tiga eksposur: satu lebih gelap, satu lebih ringan, dan satu hanya di tengah. Kamera Anda mungkin memiliki exposure otomatis untuk membantu Anda untuk ini. Load gambar ke Photoshop dan membuat file HDR dari tiga eksposur. Sekarang Anda memiliki gambar HDR yang dapat Anda terapkan untuk pemetaan nada untuk mengungkapkan rincian lebih lanjut. Nada Foto malam dipetakan dapat memberikan hasil yang serupa dengan pemotretan selama senja dengan lebih pos-pengolahan kontrol.

7. Shoot Several and Stack

Noise Reduction vs Image Stacking

Kadang-kadang ketika Anda memotret long exposure, noise dan hot pixel akan muncul, bahkan pada pengaturan ISO terendah. Untuk mengatasi masalah ini, mulailah memotret foto yang sama beberapa kali (lebih banyak lebih baik), dan menggunakan Photoshop CS3 gambar susun untuk menggabungkan menganalisis citra untuk menghilangkan noise dan hot pixel.

Start Photoshop CS3.
Open the File> Scripts menu dan pilih Load files into Stack
klik tombol Browse and buka semua gambar.
centang “Create Smart Object after Loading Layers” lalu klik OK.
Open the Layers> Smart Objects> Stack Mode menu dan pilih Median.

 

Narasumber: http://photoshoptutorials.ws/photography-tutorials/techniques/7-tips-for-great-photos-in-the-dark.html

dan translate oleh saya sendiri.

2 comments on “7 Tips Memotret dalam kondisi kurang pencahayaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s