BAB I TENTANG PENULISAN GPS ANDROID

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Trend teknologi sekarang dan kedepan salah satunya adalah teknologi mobile dengan fitur LBS nya. Dengan LBS, kita bisa mencari suatu lokasi dengan sangat mudah, mencari posisi teman, mempublish lokasi keberadaan pengguna, mencari rute jalan atau lainnya. Salah satu gadget yaitu Android mendapatkan lokasi bisa dari GPS , Network Location Provider atau keduanya. Cell-id (Simcard) dan wifi adalah contoh Network Location Provider. Menentukan lokasi menggunakan Android tidak mudah, karena semakin akurat suatu lokasi semakin besar penggunaan daya baterai. Berikut ini adalah hal yang menjadi kendala untuk menentukan lokasi Multitude sumber lokasi GPS, simcard dan wifi dapat dikombinasikan untuk mendapatkan lokasi yang akurat, namun hal ini mengakibatkan daya baterai yang dibutuhkan akan semakin besar, selain penggunaan secara bersamaan atau kombinasi antara sinyal GPS, simcard dan wifi. Perpindahan pengguna, jika seorang pengguna melakukan perpindahan, maka aplikasi juga akan me-refresh lokasi secara otomatis dan berulang, sesuai lokasi pengguna yang tertangkap oleh sinyal. Akurasi terhadap posisi suatu lokasi tidak konsisten. Disebabkan kekuatan sinyal yang dipancarkan akan berbeda sesuai posisi pengguna saat itu. Salah satu faktor penting yang sangat mempengaruhi GPS berjalan secara Optimal adalah kekuatan sinyal yang didapat oleh gadget berbasis Android. Seiring dengan faktor tersebut, maka penulis membuat tulisan yang berjudul “GPS Berbasis Android”
1.2 Ruang Lingkup
Penulisan ini ditujukan membahas masalah bagaimana pembuatan aplikasi GPS (Global Position System) menggunakan content JAVA Programming pada sistem operasi berbasis Android.

1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan ini adalah membuat sebuah aplikasi GPS (Global Position System) pada sistem operasi berbasis Android dengan menggunakan Software Eclipse IDE for Java Developers dan menjelaskan langkah pembuatannya. Dengan adanya pembuatan aplikasi ini diharapkan dapat digunakan sebagai media untuk menginformasikan posisi pengguna berada.
1.4 Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ilmiah ini menggunakan metode studi pustaka, dimana bahan untuk penelitian ini didapat dengan cara mengumpulkan berbagai referensi yang menunjang penulisan dan pembuatan aplikasi, seperti buku-buku tentang pemrograman JAVA dan sistem operasi Android, serta uji coba dan implementasi berkaitan dengan software-software yang digunakan.
Spesifikasi kebutuhan yang diperlukan dalam metode ini adalah :
• Spesifikasi Software :
– JDK (Java Development Kit)
– Android SDK (Software Development Kit)
– Eclipse IDE
– Eclipse ADT plugin
• Spesifikasi Hardware (minimum) :
– Intel ® Pentium ® 4 atau AMD Athlon ® 64 prosesor
– Microsoft ®
– 68 display (1280×800 disarankan) dengan 16-bit video card.
– DVD-ROM .
– perangkat lunak yang diperlukan, JDK (Java Development Kit) sesuai OS, Android SDK (Software Development Kit), Eclipse IDE, Eclipse ADT plugin.
– Prossesor 1 GHz arsitektur x86 32-bit atau 64-bit.
– 1024×7
– Windows ® XP (32-bit); Windows Vista ® Home Premium, Business, Ultimate, atau Enterprise (32-bit atau 64-bit) atau Windows 7 (32-bit atau 64-bit).
– 1 GB RAM.
Setelah data-data terkumpul, kemudian dilakukan perancangan aplikasi yang akan dibuat dengan menggunakan Software Eclipse IDE for Java Developers dan pengimplementasian pada Emulator Android.
1.5 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan yang digunakan pada penulisan ilmiah ini adalah sebagai berikut :
BAB 1 PENDAHULUAN
Bab ini meliputi Latar Belakang Masalah, Batasan Masalah, Tujuan Penulisan, Metode Penulisan dan Sistematika Penulisan.
BAB 2 LANDASAN TEORI
Bab ini menjelaskan tentang teori-teori yang mendukung atau yang berhubungan dengan penulisan ilmiah ini, seperti pengenalan tentang software yang dipakai yaitu Software Eclipse IDE for Java Developers.

BAB 3 PEMBAHASAN
Bab ini menjelaskan uraian perancangan atau tahapan desain aplikasi GPS (Global Position System)
BAB 4 PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan dari hasil penulisan serta memberikan saran-saran untuk penyempurnaan dan pengembangan lebih lanjut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s