ETIKA PENULISAN ARTIKEL DI INTERNET

Seringkali kita melihat sekian masyarakat baik pribadi ataupun kelompok tidak mengenal betul penulisan artikel melalui internet. Biasanya masyarakat menggunakan media sebuah sarana untuk meluangkan ekspresinya melalui blog mereka masing-masing. Tetapi terkadang kita tidak sadar bahwa tulisan atau pendapat yang dibuat terkadang membuat sebagian orang tersinggung atau tidak mengerti jelas akan maksud dari tulisan yang anda buat, sehingga sebagian orang yang membaca pun akan malas untuk membacanya karena dianggap tidak penting untuk dibaca.

Oleh karena itu bagi sebagian orang yang akan menulis suatu artikel harus tahu betul akan etika atau tata tertib dalam penulisan sebuah artikel agar bisa dimengerti oleh pembaca.  Sebagai contoh, menulis artikel itu tidak sama seperti kita membaca sebuah novel atau sejenisnya, kita harus memperhatikan dengan benar etika pembuatan artikel di internet agar orang tahu bahwa sangatlah penting membaca tulisan yang kita buat, kita pun tidak bisa sembarang membuat tanpa berpedoman kepada etika antara lain sebagai berikut:

–          Yang paling penting kita tidak memasukkan unsur SARA atau ajakan-ajakan yang mengandung pornografi.

–          Tidak dapat seenaknya menggunakan copy-paste didalam tulisan yang dibuat, karena akan menimbutkan beberapa masalah    yang mungkin akan merugikan kita sebagai penulis ataupun sang penulis yang karyanya kita copy.

–          Harus menggunakan bahasa yang baik dan benar serta menggunakan ejaan yang disempurnakan (EYD)

–          Menggunakan kosa kata yang benar

–          Dilarang menjelek-jelekkan ataupun memfitnah sekelompok orang atau individu

Hal tersebut sangatlah penting untuk dijadikan sebuah pedoman kita khususnya para penulis yang sering memasukkan tulisannya ke internet atau blog masing-masing. Dan dengan demikian tidak akan ada tanda tanya bagi para pembaca tentang penulisan artikel yang dibuat sehingga pembaca dapat lebih nyaman membaca karya anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s