ISTILAH-ISTILAH DALAM VISUAL BASIC

Event driven

Dalam pemrograman komputer, pemrograman kendali event atau program berdasarkan aktivitas adalah sebuah pola fikir pemrograman, dimana program aliran ditentukan oleh peristiwa, yaitu sensor pengguna output dan tindakan(mouse klik, tombol yang ditekan) atau pesan dari program lain atau benang.

Pemrograman kendali-event juga dapat didefinisikan sebagai suatu teknik arsitektur aplikasi di mana aplikasi memiliki loop utama yang  jelas dibagi menjadi dua bagian: yang pertama adalah peristiwa seleksi (atau acara deteksi), dan yang kedua adalah penanganan peristiwa.  Pada embedded system yang sama dapat dicapai dengan menggunakan menyela bukannya terus-menerus menjalankan loop utama, dalam kasus mantan bagian dari arsitektur terletak sepenuhnya di hardware.

GUI (Graphical User Interface)

adalah jenis antar muka pengguna barang yang memungkinkan orang untuk berinteraksi dengan program di lebih banyak cara dibandingkan mengetik seperti komputer, perangkat genggam seperti Mp3 players, portable media players atau perangkat permainan, rumah tangga dan peralatan kantor dengan gambar daripada teks.

DDE (Dynamic Data Exchange)

Dynamic Data Exchange (DDE) pertama kali diperkenalkan pada tahun 1987 dengan merilis Windows 2.0, Itu menggunakan “Windows Messaging Layer” fungsionalitas dalam Windows.  Oleh karena itu, DDE terus bekerja bahkan dalam versi modern Windows.  Teknologi baru telah dikembangkan yang, sampai batas tertentu, dibayangi DDE (misalnya OLE, COM. dan OLE automation, namun masih digunakan di beberapa tempat di dalam Windows, misalnya shell file asosiasi, untuk menyalin, memotong dan menyisipkan fungsi. Fungsi utama dari DDE ini adalah untuk memungkinkan aplikasi Windows untuk berbagi data.

OLE (Object Linking and Embedding)

Object linking and embedding (OLE)  adalah sebuah teknologi yang dikembangkan oleh Microsoft yang memungkinkan embedding dan menghubungkan ke dokumen dan objek lain.

OLE pertama kali dirilis pada tahun 1990, yaitu OLE 1.0 adalah evolusi asli dari “dynamic data exchange” atau DDE, konsep bahwa microsoft dikembangkan untuk versi sebelumnya dari windows. Sementara DDE terbatas jumlah terbatas untuk mentransfer data antara dua menjalankan aplikasi, OLE mampu mempertahankan hubungan aktif antara dua dokumen atau bahkan melekatkan satu jenis dokumen dalam lainnya. dan ada pula OLE 2.0 sebagai evolusi dari OLE 1.0, dan selanjutnya diperkenalkan OLE custom controls yang diperkenalkan pada tahun 1994 sebagai pengganti yang sekarang usang Visual Basic Extension controls.

OLE mengizinkan sebuah editor untuk “pertanian keluar” bagian dari dokumen editor lain dan kemudian mengimpornya kembali. Sebagai contoh, sebuah desktop publishing sistem akan mengirimkan beberapa teks ke pengolah kata atau gambar ke editor bitmap menggunakan OLE. Manfaat utama dari menggunakan OLE adalah untuk menampilkan visualisasi data dari program lain bahwa program host biasanya tidak dapat menghasilkan sendiri (misalnya kue-chart dalam sebuah dokumen teks), serta untuk menciptakan file master. Referensi data dalam file ini dapat dibuat dan master file yang bisa lalu telah berubah data yang kemudian akan berpengaruh pada dokumen yang direferensikan.

DLL (Dynamic-link library)

Dynamic-link Library atau DLL, adalah microsoft pelaksanaan shared library (perpustakaan berbagi), konsep dalam Microsoft windows dan OS/2 sistem operasi. Perpustakaan ini biasanya mempunyai ekstensi file DLL, OCX (untuk perpustakaan yang mengandung ActiveX kontrol), atau DRV (untuk warisan driver sistem). Format file DLL adalah sama seperti untuk Windows EXE file – yaitu, Portable Executable (PE) untuk 32-bit dan 64-bit Windows, dan new executable (NE) untuk 16-bit Windows. Seperti dengan mantanku, DLL dapat berisi kode,data dan sumber daya, dalam setiap kombinasi.

ActiveX

ActiveX adalah sebuah kerangka kerja untuk mendefinisikan reusable komponen perangkat lunak yang melakukan fungsi tertentu atau sejumlah fungsi dalam microsoft windows dengan cara yang tidak tergantung pada bahasa pemrograman yang digunakan untuk melaksanakannya. Sebuah aplikasi perangkat lunak kemudian dapat terdiri dari satu atau lebih dari komponen ini dalam rangka untuk memberikan fungsinya.

program ini diperkenalkan pada tahun 1996 oleh microsoft sebagai perkembangan dari Component Object Model (COM) dan Object linkng dan embedding (OLE) teknologi dan biasanya digunakan dalam windows sistem operasi, meskipun teknologi itu sendiri tidak terikat padanya.

Banyak Microsoft Windows aplikasi – termasuk banyak dari mereka dari Microsoft sendiri, seperti Internet Explorer, Microsoft Office, Microsoft Visual Studio, dan Windows Media Player menggunakan kontrol ActiveX untuk membangun fitur-set dan juga merangkum fungsi mereka sendiri sebagai kontrol ActiveX yang dapat kemudian dimasukkan ke dalam aplikasi lainnya. Internet Explorer juga memungkinkan kontrol ActiveX embedding ke halaman web

preferensi: google-wikipedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s