PULAU KOMODO SEBAGAI CALON 7 KEAJAIBAN DUNIA

Pulau Komodo, yang jadi andalan Indonesia dalam ajang New7Wonders of Nature punya keunggulan di banding lokasi-lokasi lainnya, apalagi kalau bukan komodo, satwa langka yang dipercaya sebagai ‘dinosaurus terakhir di muka bumi’.

Taman Nasional Komodo yang meliputi Pulau Komodo, Rinca and Padar, ditambah pulau-pulau lain seluas 1.817 persegi adalah habitat asli komodo. Taman Nasional Komodo didirikan pada 1980 untuk melindungi kelestarian komodo. Tak hanya hewan langka tersebut, Taman Nasional Komodo juga untuk melindungi berbagai macam satwa, termasuk binatang-binatang laut.

Taman Nasional Komodo akan bersaing dengan 27 finalis lain termasuk Laut Mati, Grand Canyon, Great Barrier Reef, Gunung Kilimanjaro, dan Kepulauan Galapagos.

Masyarakat dunia bisa memilih lokasi-lokasi mana yang layak berstatus keajaiban baru melalui internet maupun telepon. Tujuh besar pemenangnya akan diumumkan pada 2011. Menurut Ketua New7Wonders, Bernard Weber diharap 1 miliar penduduk dunia akan berpartisipasi dalam voting.

Sebanyak 28 finalis dipilih oleh sebuah panel ahli dari 77 nominasi. Sebelumnya ada 261 lokasi di dunia yang dicalonkan menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Panel ahli diketuai Federico Mayor, mantan kepala Badan Pendidikan PBB (UNESCO). Penentuan finalis berdasarkan beberapa kriteria yakni soal geografis, keanekaragaman hayati dan arti penting lokasi bagi kehidupan manusia.

Sebelumnya, sekitar 100 juta orang memilih tujuh karya manusia yang termasuk keajaiban dunia tahun 2007 yakni Colosseum Italia, Tembok besar China, Taj Mahal India, Petra Yordania, Patung Kristus Penebus Dosa di Brazil, Machu Picchu di Peru, dan Piramida Chichen Itza Meksiko.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s